MUVON Sebuah Aplikasi Muhammadiyah untuk Umat Islam

 

Komunitasmuslim.com – MUVON merupakan sebuah aplikasi mobile yang diciptakan berbasis teknologi Over the Top, aplikasi ini dikembangkan atas kerjasama antara TV Muhammadiyah dengan Digital Media Corp dan Digital Creative Asia. Aplikasi MUVON ini sendiri memiliki makna ‘Muhammadiyah Vision’ di mana penciptaan Aplikasi Mobile MUVON dilandasi oleh visi mengembangkan ekosistem gaya hidup halal (halal life style), dengan dukungan teknologi Over the Top (OTT).

 

Kepala proyek MUVON, Khairullah menyatakan, aplikasi ini bertujuan meningkatkan taraf hidup umat dengan berlandaskan ekonomi syariah, memberikan manfaat dan menebar kebaikan untuk seluruh umat dengan dimotori oleh keluarga besar Muhammadiyah. Ia mengklaim, MUVON adalah aplikasi mobile over the top muslim pertama yang mengintegrasikan beberapa fitur layanan mobile dalam satu aplikasi, yang terdiri dari fitur LIVE TV dan VOD, Market Place, Social Media serta Search Engine.

 

”MUVON akan memberikan beberapa layanan yang bermantaat bagi para penggunanya, dengan variasi menu aplikasi yang bermantaat bagi umat muslim seperti pencarian masjid, sekolah muslim, rumah sakit muslim dan panti asuhan,” jelas Khairullah, dalam peluncuran MUVON, di Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jakarta, Kamis (30/11).

 

Adapun menu utama lainnya pada aplikasi MUVON MobileApp ini yang tak kalah bermantaat bagi pedagang muslim yaitu PASARMU. Di menu ini, pedagang muslim dapat berdagang dengan gratis alias tidak dipungut biaya. Selain itu menu lainnya bisa membantu dalam transaksi keseharian misalnya membayar tagihan listrik, air, pulsa dan lain lain

 

Bagi para pemuda-pemudi muslim yang saat ini sedang tidak memiliki pekerjaan, di MUVON terdapat JOBMU, dimana menu JOBMU ada banyak relerensi pekerjaan yang halal dan peluang untuk berwirausaha bagi yang ingin berwirausaha. Selain itu, ada juga menu BillMu, KoperasiMu, CJMu, LazisMu, serta KeluargaMu.

 

”Saat ini MUVON sudah tersedia di android playstore dalam bentuk beta (uji coba) dan akan bisa dinikmati pengguna pada akhir Februari 20l8,” ungkap Khairullah.

 

Direktur utama TVMu, Gatot Triyanto menyatakan, aplikasi ini merupakan bagian dari hadiah ulang tahun TVMu, yang pada 18 November lalu berusia 4 tahun. Ia mengatakan, aplikasi berbasis teknologi OTT ini, hasil kerjasama anrara TvMu dengan DMC, serta D & C Asia.

 

”Perjalanannya relatif singkat, pada awal agustus (idenya), tapi intensif pertemuannya. Ini mau tidak mau, karena TVMu sudah memiliki beberapa platform selain digital, seperti Indihome, Big tv, MNC play, Streaming dan Usee TV,” jelas dia.

 

Menurut Gatot, dengan adanya MUVON, merupakan sebuah loncatan bagi Muhammadiyah. Karena Aplikasi tersebut mengusung teknologi yang tercanggih saat ini. ”Karena baru berusia 4 tahun, sudah langsung loncat ke sistem digital. Banyak yang bisa dinikmati di MUVON ini,” ucap Gatot.

 

Nah sudah jelaskan apa itu Aplikasi MUVON ? Sudah pada Instal Aplikasi MUVON belum di android kalian ? Yuk coba cek playstore kalian dan Instal Aplikasi MUVON sekarang.

Definisi Halal dan Syarat Halal

Komunitasmuslim.com – Kaum muslimin yang beriman tahukah anda bahwa setiap makanan yang kita makan haruslah yang halal ? Karna makanan yang halal akan ridhoi oleh Allah SWT. Banyak sekali makanan yang ada di pinggir jalan restoran, warung makan, atau tempat lainnya yang belum kita ketahui kehalalannya. Kita sebagai ummat islam wajib hukumnya untuk mengetahui apakah makanan itu halal atau tidak. Banyak hadist diriwayatkan mengingatkan kita akan pentingnya makanan halal untuk kita konsumsi.

 

Sebelum kita masuk ke hal yang menyangkut lainnya alangkah lebih baiknya dulu kita mengetahui apa itu definisi Halal ?

 

DEFINISI HALAL

PerHalal adalah segala sesuatu yang diperbolehkan oleh syariat untuk dikonsumsi. Terutama, dalam hal makanan dan minuman.
LEGALITAS

“Dan (Allah) menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk.”

(QS al-A\’raf [7]: 157).

“Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terbaik di bumi.”

(QS al-Baqarah [2]: 168).

 

Setelah kita mengetahui definisi Halal lalu apa saja yang masuk kedalam Kriteria Halal ?

 

 

KRITERIA HALAL

Halal zatnya

Makanan yang halal menurut zatnya adalah makanan yang dari dasarnya halal untuk dikonsumsi. Dan telah ditetapkan kehalalannya dalam Alquran dan hadis.

 

Halal cara memperolehnya

Yaitu, makanan yang diperoleh dengan cara yang baik dan sah. Makanan akan menjadi haram apabila cara memperolehnya dengan jalan yang batil karena itu bisa merugikan orang lain dan dilarang oleh syariat.

 

Halal cara pengolahannya

Yaitu, makanan yang semula halal dan akan menjadi haram apabila cara pengolahannya tidak sesuai dengan syariat agama. Banyak sekali makanan yang asalnya halal, tetapi karena pengolahannya yang tidak benar menyebabkan makanan itu menjadi haram.

 

 

PASAR PRODUK HALAL

 

Konsumen

Sebanyak dua miliar Muslim di dunia membutuhkan produk halal.

 

Nominal

Untuk potensi produk halal global 600 miliar dolar AS dan meningkat 20-30 persen per tahun.

 

 

LEMBAGA HALAL

 

LPPOM MUI

Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) sudah berdiri pada 6 Januari 1989.

Lembaga ini berfungsi melindungi konsumen Muslim dalam penggunaan produk-produk makanan, obat-obatan, dan kosmetik.

 

BADAN HALAL DUNIA (WHC)

World Halal Council (WHC) berdiri pada 1999 di Jakarta yang diinisiasi oleh sejumlah negara, termasuk Indonesia.

Badan ini berfungsi sebagai federasi badan sertifikasi halal di seluruh dunia setelah mendapat- kan penerimaan internasional dan global untuk sertifikasi dan akreditasi proses halal mereka.

 

 

DEFINISI HARAM

Segala sesuatu yang dilarang oleh syariat untuk dikonsumsi dan apabila tetap dikonsumsi akan mendapatkan dosa kecuali dalam keadaan terpaksa, serta banyak sekali madharatnya daripada hikmahnya.

Afghanistan: Taliban Harus Dikalahkan di Medan Perang

Komunitasmuslim.com – Afghanistan pada Selasa (30/1) mengatakan Taliban harus dikalahkan di medan peperangan, tepat setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump menolak usulan perundingan damai dengan kelompok bersenjata itu. Taliban bereaksi dengan mengatakan mereka memang tidak berniat berunding dengan Amerika Serikat.

Pada Senin, Trump mengecam sejumlah aksi berdarah oleh Taliban di Kabul dan mengatakan tidak akan menggelar perundingan. Trump menegaskan akan menyelesaikan apa yang harus diselesaikan.

Komentarnya mengindikasikan Washington akan mengupayakan kemenangan militer melawan Taliban, sebuah target yang menurut sejumlah diplomat dan jenderal tidak akan tercapai dengan kekuatan Amerika Serikat yang ada saat ini di Afghanistan. Sementara itu pada Selasa, juru bicara Presiden Afghanistan Ashraf Ghani mengatakan serangan-serangan yang terjadi di Kabul akhir-akhir ini, termasuk di antaranya bom bunuh diri pada Sabtu yang menewaskan lebih dari 100 orang adalah membuat pemerintah tidak akan lagi mengupayakan perundingan dengan Taliban.

“Taliban telah melewati batas dan kehilangan kesempatan mencipatakan perdamaian. Kami harus mengupayakan perdamaian di medan pertempuran. Mereka harus dikalahkan,” kata sang juru bicara, Shah Hussain Mutazawi.

Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid menegaskan mereka memang tidak berniat maju ke meja perundingan. “Strategi mereka adalah meneruskan peperangan dan penjajahan. Jika kalian ingin fokus pada peperangan, maka para pejuang kami tidak akan menyambut kalian dengan bunga,” kata Mujahid.

Pada tahun lalu Trump sempat menambah kekuatan udara dan jumlah tentara Amerika Serikat untuk membantu pasukan Afghanistan. Pernyataan terbaru Trump merupakan pembalikan atas strategi Washington selama ini. Duta Besar Amerika Serikat untuk PBB, Nikki Haley, pada bulan ini mengatakan bahwa pihaknya berupaya untuk mendesak para gerilyawan untuk maju ke meja perundingan.

Haley menyatakan hal tersebut sebelum terjadinya gelombang serangan di Kabul dalam satu pekan terakhir. Selain bom bunuh diri yang menewaskan lebih dari 100 orang, Taliban juga sempat menyerang Hotel Intercontinental pada 20 Januari dengan jumlah korban tewas sedikitnya 20 orang.

Taliban mengatakan serangan-serangan itu adalah sebuah pesan untuk Trump bahwa kebijakan agresinya di Afghanistan tidak akan menemui keberhasilan. Sementara itu seorang anggota Taliban lain mengatakan Amerika Serikat tengah mendekat sejumlah pemerintah daerah yang punya hubungan dengan Taliban untuk mempengaruhi mereka agar mau berunding.

“Trump mengaku tidak mau berunding hanya untuk konsumsi publik. Dia diam-diam tetap berupaya mempengaruhi kami agar mau berunding. Serangan terbaru di Kabul telah menyadarkan Trump dan bonekanya di Afghanistan tentang kemampuan Taliban untuk menggelar serangan besar,” kata anggota Taliban yang tidak mau identitasnya diungkap tersebut.

Amerika Serikat menduga jaringan Haqqani, sebuah faksi dalam Taliban, merupakan dalang pengeboman pada Sabtu di Kabul. Washington dan Kabul selama ini menuding Pakistan telah menggunakan Taliban, terutama jaringan Haqqani sebagai aset membatasi pengaruh India di Afghanistan. Pada bulan ini, Trump memotong bantuan militer Amerika Serikat kepada Pakistan.

 

Sumber : republika internasional

PP Muhammadiyah: 3 Syarat Ulama yang Tak Boleh Ditawar

Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah bidang Tarjih dan Tabligh, Prof Yunahar Ilyas, menjelaskan, pihaknya telah merumuskan tiga ciri atau syarat ulama.

Pertama, harus punya ilmu.

“Ilmu apa? Ya semua ilmu. Tapi paling berat al-‘ulum asy-syar’iyyah (ilmu syar’iah, Red),” ujarnya pada acara pembukaan Kongres Ulama Muda Muhammadiyah di Pusat Dakwah Muhammadiyah, Menteng, Jakarta, Selasa (30/01/2018).

Seorang ulama, kata dia, minimal harus menguasai al-‘ulum asy-syar’iyyah.

Seperti al-Qur’an dan ilmu-ilmunya, Hadits dan ilmu-ilmunya, fiqh dan ushulnya, sirah Nabawiyah, “dan ilmu-ilmu yang lain,” ujarnya di depan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak, serta para peserta kongres.

 

“Jadi memang itu menjadi syarat yang tidak boleh ditawar-tawar,” lanjut Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini. Ia menambahkan, seorang ulama juga dipersilakan menguasai ilmu-ilmu yang lain sebagai tambahan.

Ciri atau syarat ulama kedua adalah khasyatullah, punya rasa takut kepada Allah Subhanahu Wata’ala.

Seseorang yang mengaku ulama tak cukup hanya memiliki ilmu. Ia juga harus punya rasa takut kepada Yang Maha Mengawasi alam semesta. “Jadi ilmu tidak hanya sekadar untuk ilmu,” terangnya.

Ulama berilmu tak sebatas untuk pengetahuan, untuk belajar, dan sebagainya yang serupa.

“Tapi memang (ilmu) untuk meningkatkan iman dan ketaqwaannya kepada Allah Subhanahu Wata’ala,” terangnya, seraya mengutip kutipan firman Allah pada al-Qur’an Surat Al-Fathir ayat 28: “Di antara hamba-hamba Allah yang takut kepada-Nya, hanyalah para ulama…”

 

Yunahar lantas berpesan kepada para pemuda, khususnya peserta kongres ulama muda, agar betul-betul punya rasa takut kepada Allah. Jangan sampai ilmu diperbanyak tapi tak sebanding dengan aplikasinya.

Misalnya, ia mencontohkan, pemuda berdiskusi hingga larut malam tentang Islam, hukum-hukum Islam, tapi malah terlambat shalat subuh.

“Diskusi sampai tengah malam, paginya telat shalat subuh, enggak boleh!” tegasnya.

Ciri atau syarat ketiga ulama harus adalah berada di tengah-tengah masyarakat. Ulama harus peduli dengan urusan umat dan masyarakat.

“Jadi bukan ulama belakang meja, ulama di perpustakaan, bukan itu aja, tapi ulama yang berada di tengah-tengah masyarakat… untuk mengingatkan,” terangnya.

Ketiga hal itulah yang menjadi syarat ulama. “Perkara muda atau tua itu tergantung,” imbuhnya.*

 

Rep: SKR

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Sumber : hidayatullah

Habib Abdurrahman Alhabsyi Kwitang Tutup Usia

Inna lillahi wa inna iIaihi raji’un. Salah satu ulama besar di indonesia, Habib Abdurrahman Bin Muhammad Alhabsyi yang juga Pimpinan Islamic Center Indonesia Kwitang meninggal dunia pada Senin malam (15/1/2018) selepas Isya di RS Haji Pondok Gede Jakarta. Kabar duka ini diketahui dari putra almarhum Habib Ali Bin Abdurrahman yang tersebar di media sosial (medsos).

Ulama bernama lengkap Abdurrahman Alhabsyi ini wafat dalam usia yang ke-76. Jenazah saat ini berada di majelis Kwitang dan rencananya akan dimakamkan pada hari, Selasa 16 Januari 2018.

Perlu kita ketahui bahwa Habib Abdurrahman merupakan ulama besar indonesia yang berpengaruh di Jakarta dan sekitarnya. Beliau adalah cucu waliyullah Al Habib Ali bin Abdurrahman Al Habsyi. Setiap minggunya, pengajian majelis Kwitang yang diasuhnya selalu dihadiri ribuan jamaah.

Salah satu ucapan datang dari netizen bernama Julay. Dia mengucapkan bela sungkawa dengan meninggalnya Habib Abdurrahman Kwitang.

“Innalillahi Wainna Ilaihi Roji’un, Habib Abdurrahman Bin Muhammad Alhabsyi Pimpinan Islamic Center Indonesia Kwitang Meninggal Dunia,” tulis @87_julay.

Sang Pangeran Alwaleed Nego ‘Uang Bebas’ dengan Pemerintah Saudi

Sang Miliarder yang berasal dari Arab Saudi, Pangeran Alwaleed bin Talal, yang ditahan selama lebih dari dua bulan dalam operasi anti-korupsi, sedang menegosiasikan upaya penyelesaian dengan pihak berwenang Saudi. Namun sejauh ini, nilai “uang bebas” yang ditawarkan sang pangeran belum disetujui.

Pangeran Alwaleed bin Talal, keponakan Raja Salman dan bos perusahaan investasi Kingdom Holding ditahan terkait penyelidikan korupsi. Foto/REUTERS/Fahad Shadeed

Pangeran Alwaleed—yang kekayaan bersihnya diperkirakan majalah Forbes mencapai USD17 miliar (Rp226,6 triliun)—adalah ketua dan pemilik perusahaan investasi internasional Kingdom Holding, dan salah satu pengusaha paling terkemuka di Saudi.

”Dia menawarkan angka tertentu tapi tidak memenuhi angka yang dibutuhkan darinya, dan sampai hari ini jaksa agung belum menyetujuinya,” kata pejabat Saudi yang berbicara tanpa menyebut nama karena terikat peraturan pemerintah, seperti dikutip Reuters, Senin (15/1/2018).

Sumber kedua yang paham dengan kasus Pangeran Alwaleed mengatakan kepada Reuters bahwa nominal yang telah ditawarkan untuk memberikan ”sumbangan” kepada pemerintah Saudi itu akan menghindari pengakuan kesalahan. Sumber itu juga membenarkan bahwa pemerintah Saudi masih menolak tawaran tersebut.

Harga saham Kingdom Holding melonjak sebanyak 9,8 persen pada hari Minggu sebagai imbas berita soal upaya kesepakatan tersebut.

Sejak awal November Pangeran Alwaleed telah ditahan bersama puluhan elite politik dan pebisnis Arab Saudi lainnya dalam operasi anti-korupsi. Mereka ditahan di hotel mewah Ritz Carlton di Riyadh.

Pejabat Saudi mengatakan bahwa para tahanan masih berupaya mempertahankan sejumlah kekayaaan senilai sekitar USD100 miliar yang menjadi hak negara.

Putra Mahkota Mohammed bin Salman yang melancarkan tindakan keras anti-korupsi tersebut, telah mengindikasikan bahwa dia ingin menutup kasus itu dengan cepat. Dia berharap sebagian besar tersangka akan memutuskan sebuah kesepakatan.

Pangeran Alwaleed dikenai berbagai tuduhan termasuk pencucian uang, penyuapan dan pemerasan pejabat. Namun, baik dirinya maupun perusahaannya tidak berkomentar secara terbuka atas tuduhan tersebut. Kingdom Holding, yang mengatakan bahwa pihaknya terus beroperasi secara normal, tidak menanggapi permintaan komentar saat ditanya mengenai perundingan kesepakatan untuk pembebasan Pangeran Alwaleed.

Sementara itu, raksasa konstruksi Saudi Binladin Group mengatakan pada hari Sabtu bahwa beberapa pemegang sahamnya kemungkinan telah mengalihkan sebagian kepemilikan mereka ke negara sebagai bagian dari penyelesaian kesepakatan dengan pihak berwenang. Ketua perusahaan Bakr Bin Laden dan beberapa anggota keluarganya ditahan dalam tindakan keras anti-korupsi.

Pada akhir November, Pangeran Arab Saudi Miteb bin Abdullah, yang pernah dipandang sebagai pesaing utama perebutan takhta, telah dibebaskan setelah setuju membayar lebih dari USD1 miliar. Angka itu diungkap seorang pejabat Saudi.

Internasional News

Rusia: Pembangunan Permukiman Oleh Yahudi di Tanah Palestina itu Ilegal

MOSKOW – Kementerian Luar Negeri Rusia telah menegaskan bahwa kembalinya posisi mengenai kegiatan permukiman Israel di wilayah Palestina, termasuk di Yerusalem Timur. Moskow menyatakan, pembangunan permukiman oleh Yahudi di tanah Palestina merupakan sesuatu tindakan yang ilegal.

“Moskow menegaskan kembali posisi berprinsip Rusia mengenai ilegalitas kegiatan permukiman Israel di wilayah Palestina, termasuk di Yerusalem Timur,” kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sputnik pada Minggu (14/1).

“Kami percaya bahwa pendirian Israel tidak kondusif bagi penciptaan kondisi untuk membuka pembicaraan langsung antara Israel dan Palestina, dimana semua masalah yang berkaitan dengan status final harus diselesaikan,” sambungnya.

Kementerian Luar Negeri Rusia menambahkan bahwa langkah-langkah yang dimabil oleh Israel, termsuk melanjutkan pembangunan di wilayah Palestina, telah merongrong prospek resolusi konflik Israel-Palestina mengenai prinsip solusi dua negara.

Pernyataan tersebut sendiri muncul tiga hari setelah Administrasi Sipil Israel mengadopsi rencana untuk membangun lebih dari 1.100 unit rumah di 20 permukiman Tepi Barat. Menurut pemerintah Isrfael, tambahan proyek pembangunan wilayah Palestina mungkin akan disepakati dalam waktu dekat.

Moskow, yang merupakan pendukung kuat solusi dua negara untuk konflik Israel-Palestina, telah berulang kali menyerukan dimulainya perundingan damai langsung untuk menemukan solusi yang dapat diterima oleh semua dan berdasarkan resolusi PBB.

Internasional News

Alasan Islam Mengharamkan Jual-Beli Hewan Peliharaan?

Transaksi jual dan beli hewan peliharaan sudah sangat sering jelas terdengar di telinga kita sehari-hari. Sama seperti di pasar hewan, pameran flora dan fauna, dan bahkan dionline shop.

Hewan-hewan yang diperjual-belikan biasanya kucing, anjing, kelinci, burung, dan lain sebagainya. Harga hewan biasanya ditentukan berdasarkan tinggi minat dan ketertarikan pembeli, serta keunikan hewan itu sendiri.

Sekilas memang tak ada yang aneh dan berbahaya dari transaksi jual-beli hewan tersebut. Karena pada prinsipnya, jika pembeli dan penjual sepakat maka transaksi sah dilakukan. Namun, tahukah Anda bahwa jual-beli hewan peliharaan dilarang dalam Islam?

Menurut Islam jual beli hewan peliharaan seperti anjing dan kucing adalah termasuk yang diharamkan. Uang hasil penjualannya pun haram digunakan.

Berdasarkan hadits dari Abu Az Zubair, beliau berkata bahwa beliau pernah menanyakan pada Jabir mengenai hasil penjualan anjing dan kucing. Lalu Jabir mengatakan,

زَجَرَ النَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم- عَنْ ذَلِكَ

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang keras hal ini.” (HR. Muslim no. 1569).

Masih menyambung perkataan Jabir yang mengatakan bahwa,

أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- نَهَى عَنْ ثَمَنِ الْكَلْبِ وَالسِّنَّوْرِ

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang dari hasil penjualan anjing dan kucing.” (HR. Abu Daud no. 3479, An Nasai no. 4668, Ibnu Majah no. 2161 dan Tirmidzi no. 1279). (Shahih Syaikh Al Albani).

Lebih dari itu, jual beli anjing diharamkan karena alasan malaikat yang tidak akan masuk ke dalam rumah. “Malaikat itu tidak masuk ke dalam rumah yang terdapat anjing dan gambar bernyawa,” (HR. Muslim).

Dalam hadits lain disebutkan bahwa makan hasil penjualan anjing sama dengan membayar upah Pekerja Seks Komersil (PSK).

نهى عن ثمن الكلب وحلوان الكاهن ومهر البغي

“Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam melarang memakan hasil penjualan anjing, bayaran dukun dan upah pelacur” (HR. Al Bukhari).

Semoga dengan informasi ini kita semua menjadi lebih tahu akan berbagai tuntunan dan ajaran yang baik dan benar sesuai perintah agama.

Sikap Imam Madzhab Empat, terhadap Penguasa

Dalam buku “Biografi Imam Syafi’i: Untold Story, Imam Syafi’i & Kitab-Kitabnya” (2016: 1-2), Ahmad Baihaqi menyebut dengan cukup lugas bagaimana sikap politik Imam Empat Madzhab, khususnya interaksi mereka dengan penguasa. Pada galibnya, mereka adalah sosok yang menjaga jarak dari penguasa.

Imam Abu Hanifah (80-150 H/ 699-767) misalnya, beliau adalah sosok ulama yang tidak mau dekat-dekat dengan politik dan penguasa. Beberapa kali ditawari jabatan mentereng sebagai seorang ‘Qâdhi’ (hakim), namun oleh pengasas Madzhab Hanafi ini ditolak mentah-mentah. Akhirnya, sikap tegas dan konsistennya mengantarkannya ke jeruji besi.

Dr. Muchlis Hanafi dalam Serial “Biografi Lima Madzhab” (2013: 59-64) ketika membahas hubungan Imam Abi Hanifah, memberikan dua contoh yang menunjukkan ketegaran Guru Abu Yusuf ini, ketika diuji oleh penguasa lantaran tak mau menerima jabatan. Tak tanggung-tanggung, beliau mengalami cobaan ini dalam dua era dinasti sekaligus.

Pada era Dinasti Umawiyah, tepatnya ketika Marwan bin Muhammad menjadi penguasa. Imam Abu Hanifah ditawari jabatan hakim, namun beliau bersikukuh untuk menolaknya. Akibatnya, di daerah bernama Al-Kinasah, beliau dicambuk seratus kali. Bahkan sebelumnya, ketika Sang Imam menampik tawaran Ibnu Hubairah menjadi pengurus Baitul Mal, akhirnya beliau pun dicambuk.

Pada era Dinasti Abbasiyah pun kejadian itu terulang kembali. Ketika Abu Ja’far Al-Manshur menawarinya sebagai hakim, lagi-lagi dengan tegas beliau menolaknya. Tak pelak lagi, jawabannya membuat Abu Ja’far Al-Manshur naik pitam sehingga menjebloskannya ke penjara. Menariknya, semua itu dihadapi dengan tabah dan tegar oleh Imam Abu Hanifah.

Lain lagi dengan Imam Malik (93-179 H/711-795 M). Beliau dikenal memiliki kedekatan dengan penguasa bahkan sempat menerima hadiah dari mereka. Hanya saja, yang menjadi catatan penting, Imam Pengasas Madzhab Maliki ini bukanlah ulama penjilat. Interaksi beliau dengan penguasa tetap pada koridor syariat  yang jelas, bukan karena ingin mengeruk harta. Beliau juga bersikap obyektif dan konsisten terhadap kebenaran yang diyakininya sehingga tidak menjadi jongos penguasa.

Meski demikian, bukan berarti ulama yang dikenal dengan buku ‘Al-Muwaththa’-nya ini, tak pernah kontra dengan penguasa. Wahid Abdussalam Bâli dalam buku “Ulamâ wa Umarâ`” (1410: 181) menceritakan konflik Imam Malik dengan penguasa. Alkisah, Ja’far bin Sulaiman –sepupu Abu Ja’far Al-Manshur- berniat buruk kepada Imam Malik. Dituduhkan rumor bahwa beliau tidak mengakui kepemimpinan Ja’far Al-Manshur. Mendengar berita itu, kuping Abu Ja’far panas, lalu memerintahkan kepada tentaranya untuk mencabuk beliau.

Sungguh ironis, cambukan ini sampai membuat tulang pundak beliau lepas. Imam Ibnu Jauzi menyebut dalam buku “Syudzûr al-‘Uqûd” bahwa beliau dicambuk sebanyak tujuh puluh kali akibat mengeluarkan fatwa yang berlawanan dengan kepentingan penguasa di zamannya.

Adapun Imam Syafi’i (150-204 H/767-820 H) adalah sosok ulama yang berusaha sedapat mungkin untuk tidak dekat-dekat dengan penguasa. Pentaksis Madzhab Syafi’i ini berpandangan bahwa Ali bin Abi Thalib berada pada pihak yang benar. Sikapnya yang begitu memegang prinsip ini pada akhirnya mengantarkan beliau pada fitnah keji.

Pada masa Khalifah Harun Ar-Rasyid, Imam Syafi`i dituduh sebagai pendukung Syi`ah oleh pendengkinya, Mutharrif bin Mâzin. Bahkan dia memprovokasi Khalifah Harun Ar-Rasyid untuk menangkap Syafi`i dan orang-orang ‘alawiyin (Ahli Bait yang dituduh sebagai pemberontak). Diutuslah Hammad al-Barbari untuk menangkap Imam Syafi`i dan orang-orang alawiyin. Ia dirantai dengan besi bersama orang alawiyin dari Yaman hingga Raqqah, kediaman Harun Ar-Rasyid (Adz-Dzahabi, 1405: 10/86). Bayangkan, betapa sengsaranya dirantai dengan besi dari Yaman hingga Baghdad.

Baca:

Murid belia pun –Imam Ahmad (164-241 H/ 780-855 M) – juga memiliki sikap yang tegas terhadap penguasa. Beliau tidak pernah mendekati penguasa, teguh dalam memegang prinsip, dan bukan ulama yang gampang disuap. Karenanya, tidak ada satu pun riwayat yang menjelaskan bahwa penulis kitab hadits berjudul ‘Musnad’ ini pernah mendapat hadiah dari penguasa.

Cerita yang populer justru beliau mendapat perlakuan buruk dari penguasa akibat keteguhan pendapatnya. Kabarnyam, beliau pernah dicambuk, bahkan dipenjara selama 30 bulan oleh Ma`mun gara-gara tidak mengakui al-Qur`an sebagai makhluk sebagaimana yang diyakini sekte Mu`tazilah yang disokong dan diyakini penguasa saat itu. Keteguhannya memegang prinsip membuat beliau mendekam di sel tahanan (Ibnu Atsir, 1417: 5/576)

Setelah membaca secara singkat pengalaman Imam Empat Madzhab secara politik dengan penguasa, maka bisa dipahami secara jelas bahwa secara umum mereka menjaga jarak dari penguasa dan di garda depan dalam menyampaikan kebenaran. Kalaupun ada yang pernah menerima hadiah ataupun berinteraksi dengan penguasa –seperti Imam Malik-, maka itu tetap dalam koridor syariat yang ketat, bukan karena ingin menggapai maslahat (kepentingan ) sesaat.

Dengan demikian, alangkah indahnya jika ulama-ulama zaman sekarang meneladani sikap dan teladan mereka. Terlebih, sebentar lagi akan diadakan pemilihan kepala daerah secara serempak kemudian tahun depan disusul dengan Pilpres (Pemilihan Presiden) Indonesia. Akan ada ‘kontes mendadak religius’, politisasi simbol Islam, serta menjadikan umat Islam sebagai pendorong mobil mogok.

Jika tidak hati-hati dalam bersikap, dikhawatirkan ulama tidak bisa selamat dari fitnah penguasa dan akan terjerumus pada jebakannya; yang pada gilirannya akan merusak marwah diri dan menodai agamanya karena kepentingan dunia semata. Tidak mengherankan jikan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda:

وَمَنْ أَتَى أَبْوَابَ السُّلْطَانِ افْتَتَنَ

“Barangsiapa yang mendatangi pintu-pintu Sultan (penguasa), maka dia akan terkena fitnah dan godaan.” (HR. Tirmidzi, Ahmad) Semoga ulama-ulama kita terlindungi dari fitnah penguasa.*/Mahmud Budi Setiawan

Hidayatullah

Cak Nun Ajak Aparatur Sipil Negara Kemenag Baca Shalawat Nariyah

Jakarta (Kemenag) – Emha Ainun Najib alias yang sering kita sebut Cak Nun di malam puncak Hari Amal Bakti (HAB) ke-72 mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama RI untuk menyenandungkan Shalawat Nariyah. Sebelumnya, Cak Nun mengapresiasi tema HAB 72 “Tebarkan Kedamaian”. Menurutnya, Islam yang rahmatan lil alamin itu damai dan tidak akan menyakiti agama lain.

“Rahmatan Lil Alamin itu yang menebar kedamaian sesuai dengan  tema HAB ke-72 yakni Tebarkan Kedamaian,” kata Cak Nun mengawali tausiyahnya di hadapan ribuan keluarga besa Kemenag di Halaman Kantor Kementerian Agama, Jakarta Kamis malam (11/01). Mengenakan baju dan kopiah putih, Cak Nun selanjutnya menjelaskan tentang sejarah shalawat Nariyah di Madinah dan di berbagai negara. Budayawan yang dikenal sufiistik ini mengajak segenap keluarga besar Kementerian Agama untuk bersama-sama membaca Shalawat Nariyah yang diringi musik Islami grup KiaiKanjeng dari Yogyakarta.

Menurut Cak Nun, Shalawat jenis ini banyak tersebar dan diamalkan di kalangan kaum muslimin. “Bahkan ada berkeyakinan, siapa yang membacanya 4444 kali, hajatnya akan terpenuhi atau akan dihilangkan kesulitan yang dialaminya,” ujar Cak Nun.

Lewat lantunan Sholawat Nariyah, segenap keluarga besar Kementerian Agama diajak untuk mendoakan keselamatan bangsa.

Usai lantunan Sholawat Nariyah, Cak Nun meminta sang istri Novia Kolapaking memimpin Shalawat Badar yang diselingi dengan lagu  berjudul Keluarga Cemara. Berikut lirik lagunya:

Harta yang paling berharga adalah keluarga
Istana yang paling indah adalah keluarga
Puisi yang paling bermakna adalah keluarga
Mutiara tiada tara adalah keluarga
Selamat pagi Emak
Selamat pagi Abah
Mentari hari ini berseri indah
Terima kasih Emak
Terima kasih Abah
Untuk tampil perkasa bagi kami putra putri yang siap berbakti

Usai Novia Kolapaking melantunkan Shalawat dan tembang Keluarga Cemara, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memberi kata sambutan lewat secarik tulisan di atas kertas yang dipegangnya.

Kata sambutan itu diberi judul oleh Menag “Wajah Agama Kita adalah Wajah Kita”. Menurut Menag malam ini menjadi sebuah forum kenduri cinta .

“Keluarga besar Kemenag patut bersyukur, malam ini adalah malam berbahagian, karena kita menjadi bagian dari pelayanan umat. Sebaik-baiknya pengabdian manusia adalah pelayan dari manusia itu sendiri,” kata Menag.

“Menghadirkan Emha Ainun Najib di malam puncak HAB ini bukanlah sesuatu yang mudah. Alhamdulillah malam ini hadir dan kita bisa berkumpul dan bersama-sama dengan wajah-wajah Indonesia. Pesan saya fokuslah dengan wajah kita sendiri,” sambung Menag.

Humas Kemenag RI